[Book Review] The Shining Girls (Gadis-gadis Gemerlap) by Lauren Beukes

Pembunuh dari Masa Lalu yang Akan Membunuh Mu


Judul Buku : The Shining Girls (Gadis-gadis Gemerlap)
Penulis : Lauren Beukes
Genre : Misteri, Thriller
Penerjemah : Lulu Fitri Rahman
Penyunting : Rini Nurul Badriah 

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal Buku : 424 halaman
ISBN : 9786020316031


"Dia melihat wajah gadis-gadis yang bersinar itu dan tahu bagaimana mereka harus mati." (hal. 46)

GADIS YANG TIDAK MATI
Kirby beruntung tetap hidup setelah penyerangan itu. Ia yakin banyak korban lain yang tidak semujur dirinya, namun bukti yang ia temukan... tidak masuk akal.

PEMBUNUH YANG SEHARUSNYA TAK ADA
Harper menjelajahi lorong waktu untuk mengintai gadis-gadis gemerlapnya—dan menghabisi mereka. Tetapi, bagaimana kalau korbannya yang lolos ternyata kembali untuk memburunya?

(Sinopsis dari gramedia)

Thought

The Shining Girls menjadi buku thriller tak biasa yang pernah saya baca. Konsep nya sangat unik yaitu time-travelling serial killer. Pembunuh berantai yang sudah mengintai korban nya semenjak mereka kecil dan berjanji akan kembali lagi beberapa tahun kemudian untuk membunuh korban nya. Sebenarnya si pembunuh berasal dari masa lalu dan ia menggunakan portal waktu untuk mengintai gadis-gadis yang menurut nya “gemerlap” lalu membunuh mereka. Alhasil jejak pelaku susah untuk ditemukan. Hingga akhirnya ada salah satu korban yang selamat dari pembunuhan tersebut. Korban tersebut pun berniat untuk memburu pembunuh yang hampir meregang nyawanya.

Terdapat 2 major karakter dalam buku ini yaitu Harper Curtis—si pembunuh berantai dan Kirby Mazrachi—korban pembunuhan Harper yang selamat. Buku ini dijabarkan melalui sudut pandang Kirby dan Haper serta beberapa tokoh lainnya. Alur cerita mungkin akan terlihat sangat membingungkan karena penulis menggunakan alur secara acak dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu, menurut saya diperlukan ketelitian untuk memperhatikan waktu nya.

Kirby si karakter utama adalah karakter perempuan yang sangat kuat dan gigih. Mungkin karena kehidupan nya yang sulit sejak kecil, Kirby memiliki jiwa tahan banting dalam diri nya. Si pembunuh Harper juga sangat dingin dan misterius. Pembaca benar-benar bisa merasakan bagaimana kejam nya Harper ini. Tapi jika diperhatikan, dibalik sifat psikopat nya, sebenarnya Harper ini tampak kesepian dan menderita.


Adegan-adegan pembunuhan yang dilakukan Harper benar-benar sukses membuat saya merinding. Pembunuhan nya begitu brutal dan tragis. Penulis menjabarkan setiap adegan pembunuhan dengan sangat detail. Alhasil bisa membuat pembaca tidak nyaman membaca nya. Benar-benar gore dan mengerikan!

Yang membuat saya jatuh cinta dengan novel ini adalah konsep time-travelling nya. Saya sangat menyukai bagaimana penulis dapat menciptakan suatu hal yang tak mungkin menjadi terasa nyata. "Rumah" yang digunakan Harper untuk menjelajahi waktu benar-benar misterius.

Buku ini sangat seru dan tidak membosankan sama sekali. Setiap chapter ditulis dengan sangat singkat namun detail sehingga membuat pembaca tidak merasa bosan. Buku ini sukses membuat pembaca merasa penasaran terus menerus. Tidak terlepas dari genre thriller nya, buku ini akan membuat pembaca sukses merasakan ketegangan saat membacanya.

"Dia menulis "gadis gemerlap" dengan tulisannya yang miring dan runcing, diatas kata samar yang lebih dulu ada." (hal. 47)


Comments

Popular Posts